Finally aku, S. Kom!

Haiiiiiii!!!!!! *penyambutan ga woles, lg seneng bgt
Iya, finally saya S.Kom!!! Tepat tanggal 8 September kemaren saya sidang komprehensif di kampus Kenari Uniersitas Gunadarm, dan alhamdulillah lulus.
I cant stop crying for so many reason : 1. Akhirnya doa saya, orangtua, dan keluarga saya dikabulkan Allah, 2. Salah satu resolusi dalam 5 tahun terkabulkan *lulus dan wisuda tahun ini*, 3. Teman seperjuangan yg sidang bareng ga lulus dan lulus bersyarat. 

Oke, sesuai janji saya dengan diri sendiri, saya akan menuliskan cerita sidang saya diblog ini.


Saya sidang tanggal 8 september, h-1 sidang tiba-tiba temen saya ngabarin kalo syarat sidang harus pake sepatu pantofel hitam berhak. Saya langsung panik. Soalnya, jangankan sepatu pantofel berhak, sepatu pantofelnya aja ga punya. Sebelumnya nanya-nanya ke temen boleh atau engga pake flatshoes warna hitam, dan kata temen saya yg udah sidang itu boleh. Saking paniknya sampe ngechat pembimbing PI dong malem-malem, bu Lulu yg the best, dan langsung dibales dong *bu Lulu, maafkan sayaaaaa*, bu Lulu juga bilang boleh, selama tertutup dan hitam, dan bukan sepatu sport.
Nuff bout shoes.

Hari H. Saya bangun jam 4, solat mandi sarapan seadanya, langsung cuss ke st. Pocin bareng temen-temen yang sidang hari itu juga dan pacar. Jam 5 lewat 10 udah di stasiun. Berhubung hari itu weekdays, pasti kereta rame sama orang kerja, makanya kami berangkat lebih cepet. Nungguin bisa naik kereta jurusan Bogor-Jakarta Kota itu bisa berabad2, akhirnya kita naik kereta yang ke Tanah Abang, turun di st. Manggarai, baru naik kereta lagi ke st. Cikini. Turun dari st. Cikini kita naik bajaj ke kampus. Baru inget kalo bayar bajaj dari st. Cikini ke Kampus Kenari IDR 15,000 itu harga mahal, seharusnya IDR 10,000, efek buru2 langsung nebak harga aja. Nyampe disana udah jam 6 lewat, kita nongkrong dulu didepan. Ohya, temen saya lupa bawa form foto jadi dia ngeprint dulu, kasian.

Jam 7 kurang 10 kita naik ke lt 5 *kalo skripsi ke lt 2* dan ketemu sm temen kelasan yg sidang bareng. Kalo di blog2 lain nyuruh duduk paling depan, kita duduk di tengah. Trus beberapa dosen masuk, ngasih kata sambutan dan arahan, trus nama kita dipanggil satu per satu buat maju ke depan, nyerahin form foto, foto copy ijazah dan fotocopy ktp, trus dikasih kertas yg ada nama kita beserta pengujinya. Abis itu dosen yg diruangan itu ngasih tau dosen penguji kita ada dilantai berapa. 

Sedikit menyesal ga gercep *gerak cepat*, saya sidang di urutan ke 5. Ga enak sidang kl udah yg terakhir-akhir, kita dapet sisaan pertanyaan, mood dosen udah ga enak, dan kitanya jg nunggu kelamaan. Orang yg sidang pertama-tama enak, cuma disuruh jelasin pengertian ini itu, bikin contoh erd dan eer. Ohya lupa bilang! Saya ngambil paket 3 buat sidang (Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Interaksi Manusia dan Komputer, Sistem Basis Data 2). Yang sidang awal awal cuma 15menit, yang terakhir akhir 20-25menit.

Dan tibalah giliran saya... 
Saya di uji oleh Novita Sulistyowati, Dr (ANSI), Raden Supriyanto, Dr (IMK), Henny Medyawati, Dr (SBD2). Awalnya panik sama bu Henny, soalnya dulu pernah diajar sama beliau dan pernah ditegor gegara ngobrol sama temen di kelas. In the fact is, yang paling galak itu ibu Novita.
Awalnya pas masuk saya ditanya sama bu Henny, mau diuji apa dulu. Dengan pede saya jawab "ANSI bu" karena emang matakuliah itu yg bener bener saya pelajari sesuai SAP. Terus ditanya sama bu Novita : "kamu kalau merancang sistem itu kaya gimana sih?"
Saya : oh iya, pertama bikin perencanaannya bu, terus analisis (maksud hati pengen nyebutin tahapan sdlc, tapi langsung di potong
Bu Novita : di perencanaan itu ngapain?
Saya : pertama kita membuat rancangan outputnya dulu bu, kaya gimana keluaran yg kita pengen
Bu Novita : Hah? *sambil mengkrunyutkan dahi* *bahasa apaan sih itu* *langsung kaget*
Saya : Iya kita harus tau dulu bu tujuan dari bikin sistem itu apa, kalo gada tujuannya kan gatau mau bikin sistem kaya gimana *mencoba tetep stay cool biar ga ngeblank*
Bu Novita : Jadi sistem itu buat KITA? *ada penegasan kata, gue shock*
Saya : oh bukan bu, tapi user hehe
Bu Novita : kamu kalo merancang sistem itu sesuai dengan keinginan user, kebutuhan usernya, gitu
Saya : oh iya bu maksudnya gitu hehe
Bu Novita : terus?
Saya : terus di perencanaan itu kita ngumpulin data bu *seharusnya saya lanjut ke analisis, ini yg bikin saya terjebak dan dicecer lebih*
Bu Novita : Hah? Data?
Saya : Iya bu, kan dalam sistem itu kita butuh data bu
Bu Novita : *kaya terbelalak, tercengang, dan heran sama jawaban saya*
Saya : *mencoba improvisasi* Contohnya kaya bikin sistem penggajian bu, kan butuh data. Kaya data karyawan, gitu gitu bu
Bu Novita : *end up di ketawain* udah deh skip, pertanyaan selanjutnya, kalo merancang sistem itu bisa pake apa aja?
Saya : bisa pake uml, dfd, sama flowchart bu
Bu Novita : coba jelasin
Saya : *kesalahan paling fatal, belajar yg diinget perbedaannya, jadilah kalimat utama pengertiannya lupa* flowchart itu membuat perancangan tahapan sistem berbasis grafik bu
Bu Novita : apa? perancangan tahapan sistem? *dahi mengkrunyut*
Saya : mm i i iya bu, perancangannya..... tahapan tahap membuat sistem bu
Bu Novita : *ketawa* yaudah kamu udah aja deh dari saya

Saya langsung panik, mindset langsung mikir ga lulus satu matkul. Trus next IMK. Karena bisa bikin postingan ini makin makin panjang, saya bikin pertanyaannya aja deh.
1. Apa itu IMK?
2. Contoh IMK
3. Unsur IMK
Iya, sesimpel itu. Tapi kenyataannya ga segampang itu, mental saya dimainin lagi sama pak Raden, tp ga separah bu Novita. 

Yang terakhir SBD, mindset masih mikir bu Henny galak, taunya ibu itu yang paling Angel. Ibarat kata kaya pertama kali nyoba duren, mindset masih duren itu ga enak karen percobaan pertama bikin muntah, end up ketagihan. Teramat baik bgt ibu itu. Pertanyaannya jg jelas.
1. Belajar apa aja? *saya nyebutin semua tp ga ditanya*
2. Kamu PInya pake apa? Bahasa pemrogramannya apa
3. Merancang database pake apa aja?
4. UML, ERD, EER, DFD itu apa?
5. Pas bikin PI make yg mana? *UML
6. UML itu apa?
7. Diagramnya apa aja?
8. Bedanya Sequence Diagram sama Activity Diagram apa?
Dan selesai...

Keluar ruangan dengan pikiran yg ga karuan. Panik sepanik paniknya, pengen nangis tp saya tahan, mencoba buat optimis, tapi masih ga yakin. Saya turun ke lt 2 dan ketemu sama temen-temen dan pacar. Cerita kronologis sidang tadi gimana. Waktu itu udah jam 11an, dan ternyata di lantai 2 masih ada setumpuk orang yang belum sidang, termasuk 2 temen saya waktu itu. Mereka cukup tidak beruntung, karena di sidang sama bu Lintang yg terkenal galak.

Nunggu diluar sampai jam 1, abis itu nungguin di lantai 1. Jam 2 baru dipanggil, tapi yg bukan mahasiswa yg sidang hari itu disuruh keluar gedung. Gelombang pertama dipanggil, most of them itu anak skripsi which is gelombang pertama lulus semua, yap sesuai rumor. Temen kelasan saya yang dipanggil cuma satu yg skripsi, dan ada 4 orang lagi temen kelasan saya yg belum dipanggil, termasuk saya. Gelombang pertama keluar, akhirnya gelombang kedua dipanggil. Saya makin panik, karena di gelombang ini ada yg lulus bersyarat dan ga lulus. Satu persatu nama dipanggil. Temen-temen saya dipanggil duluan, dan diantara temen kelasan, saya yg dipanggil terakhir. Mau nangis, langsung mikir saya ga lulus. 

Kita naik ke lt 2, di lt 2 kita dibagi 4 kelompok. Kelompok pertama dipanggil, dan itu banyak banget, dan ada anak skripsi. Saya langsung yakin kelompok 1 pasti lulus, dan alhamdulillah saya dipanggil dan masuk kelompok 1. Saya langsung tenang. Tapi cuma sebentar, karena 3 teman saya yg sama-sama kompre ga masuk kelompok 1. Kelompok kedua dipanggil, rumornya kelompok dua itu lulus bersyarat, dan waktu itu yg dipanggil sedikit, termasuk salah satu temen saya. Perasaan ga karuan, langsung mikir masa iya dia lulus bersyarat? Kelompok 3 dipanggil, dan rumornya itu kelompok yg ga lulus, dan yg dipanggil cuma kalo ga salah 6-8 orang, termasuk temen saya. Saya langsung berdegup kenceng banget, soalnya kita belajar bareng. Dan kelompok 4, yg dipanggil banyak juga termasuk temen terakhir saya. 

Akhirnya dosen ngasih tau pertama itu kelompok 4, mereka lulus. Kelompok 2, lulus bersyarat. Kelompok 3 ga lulus, dan kelompok 1 lulus. Saya langsung nangis. Bukan nangis karena lulus, tp nangis karena temen saya lulus bersyarat dan ga lulus. Badan lemes pengen di peluk banget. Setelah bubar, temen saya yg dikelompok 4 panik liat saya nangis, dan nanya saya masuk kelompok berapa. Saya bilang kl saya lulus, dan nangis karena temen saya ga lulus. Temen saya yg ga lulus itu bilang "udeh udeh, nanti ngulang lagi". Saya pun keluar. Pas nangis di dalam tadi, cewe sekitaran saya ngeliatin saya. Sampe keluar ada kejadian sedikit lucu, temennya temen saya, anak kelasan lain bilang "semangat! 1 step closer". Iya, saya dikira ga lulus. Pengen ketawa tp saya konfirmasi kl saya lulus. Ngambil tas trus nelpon orangtua dan kakak saya, trus turun. Temen di bawah yg udah nungguin terdiam. Saya masih nangis. Temen saya yg dikelas lain bingung ngeliat saya. Akhirnya tersenyum gegara dikasih bunga sama pacar. 



Alhamdulillah luluuuuuus! Usaha, do'a, sedekah, dan tawakal. Dijawab semua sama Allah, seneng! Saya yakin temen yg lulus bersyarat dan ga lulus itu disayang bgt sama Allah, soalnya Allah minta mereka bersabar dan usaha lagi.

Finally!! Resti Hanifa, S.Kom.
Next resolusi, dapet kerjaan. Aamiin!
Maaf ya postingan kali ini lebih panjang hehe. Thankyou for coming!

xoxo Hani

1 comment:

  1. wuuuiihhh selamat yaaa... ^o^
    selalu exited liat orang sarjana
    jadi flashback ihihi

    ReplyDelete

Powered by Blogger.